FAQ

  1. Siapa yang dapat menyampaikan permohonan informasi publik?
    Setiap warga negara Indonesia dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  2. Apakah persyaratan penyampaian permohonan informasi publik dan pengajuan keberatan?
    Melampirkan Kartu Tanda Penduduk untuk pemohon perorangan atau bukti pengesahan badan hukum yang diterbitkan oleh kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia untuk pemohon badan hukum Indonesia.
  3. Bagaimana cara menyampaikan permohonan informasi publik?
    1. Melakukan registrasi pemohon terlebih dahulu pada (apabila belum terdaftar sebagai pemohon)
      1. aplikasi e-PPID Kementerian Keuangan melalui menu Layanan Informasi, sub-menu Registrasi Pemohon;
      2. laman e-PPID versi mobile, melalui menu Layanan PPID, klik Daftar Baru.
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan dan melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan;
    3. Apabila data pemohon sudah lengkap, pemohon akan menerima email konfirmasi dari PPID, bahwa pemohon sudah terdaftar dan telah bisa menyampaikan permohonan informasi.
  4. Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
    Tanggapan atas permohonan informasi publik akan disampaikan dengan cara memberikan langsung ke pemohon, faksimili, dikirim lewat pos, atau email yang telah didaftarkan pemohon pada saat registrasi.
  5. Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
    Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan informasi telah memenuhi persyaratan dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya.
  6. Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
    1. Melakukan registrasi pada aplikasi layanan PPID Kementerian Keuangan melalui menu Layanan Informasi dan sub-menu Pengajuan Keberatan;
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan;
    3. Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
  7. Berapa biaya untuk memperoleh informasi publik?
    PPID Kementerian Keuangan dan Perangkat PPID menyediakan layanan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya). Sedangkan untuk penggandaan atau perekaman, pemohon dapat melakukan penggandaan sendiri di tempat penyediaan jasa fotocopy yang berada di sekitar gedung kantor pusat/kantor vertikal Kementerian Keuangan dengan didampingi oleh petugas layanan informasi atau menyiapkan media perekam elektronik lainnya untuk perekaman data informasinya.
  8. Waktu layanan informasi:
    Layanan informasi publik dilaksanakan setiap hari kerja Senin s.d. Jumat, sebagai berikut
    1. Senin s.d. Kamis: pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, istirahat: pukul 12.00 WIB - 13.00 WIB.
    2. Jumat: pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, istirahat: pukul 11.30 WIB - 13.30 WIB.

Eselon I Kementerian Keuangan